Catatan 11 April 2014 : Batik Empat

Image Source: Sayang Empat


Hari ini aku lelah sekali, aku menghabiskan waktuku selama berjam-jam hanya untuk belajar.. belajar.. dan belajar. Tiga hari lagi UN tiba, dan itu merupakan alasan yang kuat mengapa aku belajar sekeras ini.
Aku tiba dirumah dengan badan dan pikiran yang sangat lemas, sudah sekiranya satu hari aku tidak ada dirumah, aku memutuskan menginap untuk belajar dirumah temanku.. Ya, rumah Riyan.

Saat aku tiba dirumah dan mulai memasuki kamar, aku berharap bahwa aku telah meninggalkan kamar dengan keadaan yang rapih dan bersih, karena hanya satu yang saat itu aku inginkan, yaitu.. Istirahat.
Saat aku mulai membuka pintu kamar yang terkunci dan... Kamarku sangat berantakan sekali. Mataku sangat terbebani untuk melihat kamar yang sangat berantakan ini.
Aku tidak ingin semua ini menjadi beban karena ini merupakan hal sepele. Tanpa berbasa-basi aku langsung mulai membersihkan kamarku ini. Saat aku merapihkan dan memilah mana sampah dan mana barang berharga, aku melihat sebuah kemeja batik tergeletak didepan rak bukuku, rasanya aku sudah tidak asing lagi melihat batik itu.. Rupanya itu seragam batik SMAN4 ku.

Aku mulai mengambil batik yang tergeletak dilantai itu, menariknya keatas.. ada lencana
sekolahku tepat di kerah kirinya, dan aku mulai mencium bau batik itu.. Sungguh ini aroma anak SMA, aku belum mencucinya, dan baunya khas sekali.
Sekiranya aku telah terbawa jauh kedalam kenangan batik itu.. Sangat dalam.
Setidaknya ada ratusan bahkan ribuan kenangan yang tiba-tiba menyerang hati dan pikiranku akan batik itu, otaku seolah-olah membawaku kemasa lampau.. Masa dimana pertama kali aku bangga mendapatkan batik itu dan mulai memakainya dihari jum'at pertama sekolahku, yaa aku sudah resmi menjadi siswa SMA saat itu.. Aku masih tidak bisa melepas batik ini.


Kancing no.3 yang selalu lepas tanpa kuketahui.. Yaa, aku masih ingat dimana teman-temanku mentertawakanku karena itu..
Kerah kiri yang menguning karena karat dari lencana.. Yaa, aku  masih ingat pertama kali aku kecewa melihat noda kuning itu mulai muncul dikerah kiriku..
Lengan batik yang mulai ngatung saat kupakai.. Yaa, aku masih ingat dimana aku kebingungan karena merasa tubuhku ini mulai membesar..
Kancing yang kupakai sampai atas.. Yaa, akupun masih ingat saat aku mulai merasa tercekik dibagian leher karena aku mengancing penuh batik itu sampai atas..

Seketika aku sadar.. bahwa saat tanggal 04 April 2014, itu merupakan hari terakhirku memakai batik ini.. Entah aku tidak bisa menjelaskan perasaan ini.. ini sangat rumit.
Bersyukur sekali aku belum mencuci batik ini, mungkin aku akan menyimpanya, menggantungnya di lemariku, dengan baunya yang masih khas, bau anak SMA, dan itu akan tersimpan selamanya.
Dihari saat aku mulai merindukan batik itu, mungkin aku akan mengambilnya dan akan tetap merasakan baunya yang khas.. Selamanya.

Comments

Popular Posts